Rabu, 06 Juni 2012

Cara Memperbaiki Komputer Rusak, Lambat, Hang, Mati dan Blue Screen

Troubleshooting

Cara Memperbaiki Komputer Rusak Seperti : Lambat ( Lemot ), Keluar Bunyi Beep, Restart Sendiri, Hang/Crash ( NOT RESPONDING ), Mati Total, dan Blue Screen. itu semua adalah beberapa masalah umum yang sering terjadi dalam sebuah PC, dan biasanya kerusakan-kerusakan (Error) disebabkan oleh Cara Pemakaian, kelistrikan, dan Usia Hardware yang sudah tua. Masalah yang di timbulkan oleh KELISTRIKANlah yang memiliki banyak sebab, seperti Listrik sering mati tiba-tiba, Tegangan tidak stabil, dan terjadi konsleting antar kabel di dalam komputer. YUPS berikut ini adalah cara untuk mengatasi Masalah2 tersebut diatas.

Memperbaiki Komputer Lambat ( Lemot, Lelet )

Kalau Anda menginginkan Kinerja pc yang stabil dan tidak Lambat maka yg harus anda perhatikan adalah sebagai berikut :

  • Dalam memilih dan membeli spesifikasi Hardware harus sesuai dengan hardware yang lain.

  • Jagalah Komputer dari Kotoran dan debu.

  • Tempatkanlah Pc/komputer di tempat yang sejuk, terhindar dari panas matahari dan Hujan.

  • Gunakanlah Stabilizer atau UPS untuk mencegah dari tegangan Listrik yang tidak stabil.

  • Gunakanlah Virtual memory, dengan menambahkan kapasitas virtual ini akan membantu kinerja pc anda.

  • Manajemen File yang baik

  • Gunakanlah antivirus yang tepat, dan jangan gunakan lebih dari 1

  • Perhatikan Driver-driver yang diinstal

  • Gunakanlah Tune Up Utilities Gratis yang tersedia banyak di internet.

  • How to speed up your computer ?

    Cara Mempercepat Kinerja Komputer Pc dan Laptop sendiri ini mudah-mudahan bisa mengatasi masalah kompie anda yang sedang mengalami 3 L ( LUEMOOT, LUETOI & LUELET?? ) Karena Kini komputer merupakan salah satu benda yang mungkin wajib dimiliki oleh setiap orang, sebagai akibat dari perkembangan Jaman dan teknologi yang berkembang dengan begitu pesat di era modern seperti sekarang ini. Tapi apa jadinya Jika Kmptr PC atau notebook yang anda punyai Mengalami 3 L?? pasti anda akan jengkel, kesal, ndongkol atau marah bukan? Okelah kalau begitu, Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan !!


    1. Meminimalisasi waktu booting

    A. Lokasi Booting
    Secara default, biasanya computer akan memeriksa floopy terlebih dahulu. Rubahlah dengan masuk ke BIOS dengan menekan Del setelah perhitungan memory dilakukan. Lalu pada opsi FirtsBoot Device pilihlah harddisk di mana Anda meletakkan operating system. Misalnya "hard disk" Dengan cara ini, komputer tidak akan memakan waktu lagi mencari lokasi booting, tapi langsung ke harddisk tempat operating system disimpan.

    Pc Mengeluarkan Suara / Bunyi Beep

    Saat kita mau menghidupkan komputer eh.. pc gak mau booting malah mengeluarkan suara beep, suara ini disebabkan karena adanya masalah pada hardware pc anda, dan berikut ini adalah Maksud dari bunyi tersebut dan penyebabnya.

    1. Beep 1 kali ==> Tidak ada masalah, Kondisi KOMPUTER/PC anda Baik2 saja.

    2. sekalii, dan Panjang ==> Terjadi Masalah Pada Memory. Cara Mengatasinya Yaitu dengan mengecek kartu memory apakah sudah tertancap di slotnya dengan baik, dan lihat memory apakah ada cacat secara fisik/rusak.

    3. 1 Kali, Panjang dan 3 kali Pendek ==> Terdapat Masalah pada bagian Vga Card => dan caranya adalah sama seperti pada memory, anda harus memastikan apakah Vga Card sudah tertancap dengan baik, dan cek kondisi Vga Card tersebut.

    4. 1 Kali, Panjang dan 2 kali Pendek ==> Terdapat Masalah pada DRAM parity.=> Jika dengan cara diatas belum mengatasi masalah, dan anda yakin bahwa memory baik saja maka Coba pindahkan Memory Ke slot yang lainnya, Tapi jika belum bisa juga, kemungkinan kerusakan pada slotnya.

    5. Bunyi Terus menerus ==> Terdapat masalah di Modul Memory ata Video. => Cobalah bersihkan Pin kuningan Memory ( RAM ) dengan menggunakan hapusan pensil gosokkan dengan hati2 sampai warnanya agak keemasan dan kita anggap sudah bersih dan coba pasangkan lagi.

    Dan bila anda sudah mengusahakan dengan cara2 diatas tapi komputer belum juga bisa menyala dengan normal maka sebaiknya anda membawanya ke teknisi Komputer yang handal,

    Kode beep diatas berjalan palan pada BIOS model AWARD. Dan kode beep tiap merk tidak selalu sama, akan tetapi hal ini adalah cara mudah untuk mengatasi masalah yang sering terjadi.

    Komputer Restart Sendiri

    Untuk menangani hal tersebut maka kita harus periksa dulu apa penyebabnya, karena pc restart banyak hal yang bisa mungkin terjadi, seperti Usia Hardware, Virus, Software yang gak cocok dan banyak lain hal. 

    Cara Mengatasi

    Komputer atau Pc Restart sendiri dan cara memperbaiki nya sangat mudah sekali, tapi kita harus tahu terlebih dahulu dimana letak kerusakannya sehingga menyebabkan Rebooting, dengan ini andapun tidak perlu membawa pc anda ke teknisi koptr untuk mengatasi masalah tsbt,

    Kejadian Kmptr reboot tiba-tiba ini memang membuat kita jengkel, apalagi saat kita sedang asik main game atau sedang mengetik tugas dan lupa belum kita save, alamak sungguh sangat tidak mengenakkan kejadian ini bukan?
    Ok berikut ini adalah masalah-masalah penyebab pada komputer yang mengalami restart dengan sendirinya.

    System Kelistrikan

    listriklah yang harus anda periksa pertama kali, dalam hal ini ialah Voltase (Voltage) tegangan listrik anda. Gunakan AVO Meter untuk mengecek tegangan voltase listrik anda, colokkan avo meter pada listrik dinding anda, apakah sudah mencapai 220 V , jika tidak mencapai tegangan 220 V atau hanya sekitar 160 - 190 V ( naik turun ), saya jamin komputer anda akan restart terus menerus, dalam hal ini sebagai solusi maka anda harus menggunakan bantuan Stabilizer / Stavolt. Karena Supply listrik yang kurang akan menyebabkan komputer restart / mati dan berdampak pada kerusakan Hardware, Hard Disk, Motherboard dan Memory.

    Power Supply

    Kerusakan Power Supply sedikit sekali yang memprediksi, Power Supply yang rusak akan mengalirkan listrik yang tidak sempurna yaitu naik - turun dan tersendat - sendat, ketika power supply tegangan turun, komputer anda akan restart. Solusi : Cara mudah dan ampuh ialah menggunakan fan / kipas yang memiliki lampu, perhatikan terang lampunya, jika terkedip - kedip segeralah ganti power supply anda.
    dan jika anda rasa system kelistrikan pada komputer/pc anda baik-baik saja tapi masih juga sering RESTAR-REBOOT maka anda coba Solusinya berikutnya:

    Restart Sebelum Masuk Pada Windows

    Hal ini disebabkan karena kerusakan pada system start up, istilahnya file corrupt pada windows, atau memory yang anda pakai kurang besar / rusak. Solusi : Jika rusak pada system operasi windowsnya maka anda harus instalasi ulang / meng install windows lagi. Ingat !!! terkadang hal ini juga karena memory, saat windows restart maka CPU / Processor akan bekerja sangat kencang, jika memory tidak menunjang maka akan terjadi restart.

    Restart saat Main Games ( Low / Bad Memory )

    Saat anda menjalankan aplikasi yang besarnya tidak sesuai dengan spesifikasi PC komputer anda maka akan terjadi restart, Low Memory yang biasa menjadi penyebab nya. Misalkan anda main games yang besar dan anda menjalankan Multi Tasking misalna main games dan membuka program - program yang lainnya yang menyebabkan memory anda bekerja ekstra keras, termasuk anti virus, anti virus akan memakan source komputer anda lumayan banyak dan terkadanf komputer anda akan menjadi berat. Solusi tambah kapasitas Memory. Ingat !!! Bad Memory juga menyebabkan komputer sering Blue Screen dan restart.

    Processor Panas

    Bila CPU / Processor yang terlalu panas dapat menyebabkan komputer resrat, cek suhu CPU anda pada sistem BIOS, suhu normal berkisar antara 45º - 55º , jika ini yang menjadi penyebabnya Solusi : Lepas CPU / Processor , bersihkan berikan Thermal Pasta / Pasta Pendingin CPU, lihat kipas / fan nya, kalo perlu ganti yang bagus, jangan yang bertuliskan Made in China atau yang harganya 30 rb-an.

    Program Crash / Virus-Malware
    Banyak program yang memakan source komputer terlalu besar, saya sarankan sesuaikan program yang anda install dengan spesifikasi komputer anda, Virus juga sering mengambil sumber daya komputer yang besar tanpa kita sadari, Solusi : Ganti komputer lama anda dengan komputer yang mumpuni dan pasanglah Anti virus.

    Komputer Hang / Crash ( Not Responding )

    Windows Task ManagerBila Pc bisa booting dengan normal/lancar tapi pada saat digunakan sering mengalami hang, dan hang ini pun bermacam-macam jenisnya, diantaranya adalah program yang dijalankan berhenti dan tidak merespon, Mouse macet, dan keybord tidak berfungsi Dll.

    Cara Mengatasinya:

    1. Jika Hang/crash pada aplikasi yang sedang di jalankan silahkan Coba tekan Tombol Ctrl+Alt+Del secara bersamaan pada keybord, maka akan muncul WIDOWS TASK MANAGER.
    dan aplikasi yang sedang hang di tandai dengan status Not Responding, dan aplikasi yang berjalan normal di tandai dengan status Running. Klik aplikasi yang berstatus NOT RESPONDING tersebut kemudian Tekan tombol END TASK.

    2. Bila Proses tersebut memakan waktu yang lama dan komputer masih belum merespon (hang) maka Restar komputer dengan cara menekan tombol reset yang ada pada Chasing.

    3. setelah di restart dan komputer bisa kembali berjalan normal silahkan cek aplikasi tersebut yang membuat hang, bisa anda instal ulang itu aplikasi dan bila aplikasi itu tidak terlalu penting sebaiknya di buang saja (Unistal)..

    4. Coba anda benahi Koneksi Kabel, dan pastikan Kabel mouse, Keybord sudah terhubung dengan benar. Biasanya kabel mouse atau keybor mengalami kerusakan ( putus didalam ) karena kabel tersebut putus nyambung ini juga bisa menyebabkan komputer hang.

    5. Jika cara diatas tidak berhasil dan masih sering hang maka coba Instal ulang system Operasi anda.

    Memperbaiki Komputer Mati, Tidak Bisa Hidup ( Tidak Ada Power )

    Saat Menghidupkan komputer dan dengan menekan tombol power tapi komputer juga tidak mau Hidup/Menyala.

    Hal ini Bisa di sebabkan Oleh :

    > Kabel Listrik tidak terpasang dengan benar
    > Kabel ada yang putus
    > Power Suply Mengalami Kerusakan
    > Kerusakan di Ups atau Stabilzer ( bila anda menggunakannya )


    Cara Penangananya:

    1. Silahkan dicek semua konneksi kabel yang ada di CPU, bila ada kabel yang belum terpasang dengan benar maka pasangkan kembali dengan benar

    2. Cek apakah Kabel ada yang rusak, terputus jika ada, ganti kabel tersebut.

    3. Cek Power Suply, Biasanya bila Power Suply yang mati maka kipasnya juga ikut mati, Dna untuk lebih jelasnnya anda bisa mengeceknya dengan menghubungkan Kabel Yang berwarna Hijau dengan kabel yang berwarna Abu-abu. jika kipas yang ada pada power suply tidak juga mau menyala berarti Power suply mengalami kerusakan, Ganti dengan yang baru. atau bisa anda bawa ke teknisi komputer.

    4. Jika anda menggunakan Ups atau Stabilzer periksalah kembali apakah kedua alat tersebut masih berfungsi normal.

    5. Bila anda sudah melakukan penangan diatas dan komputer masih juga tidak mau menyala, kemungkinan ada kerusakan Pada Motherbornya, Sebaiknya anda bawa ke teknisi komputer.

    Blue Screen ( BsOD )

    BLUE SCREEN (BSOD)Hal ini bisa di sebabkan oleh kerusakan system atau kerusan pada hardware ( Perangkat Keras ). Sebenarnya munculnya BsOD dapat membantu kita untuk mengetahui dimanakah kerusakan yang sedang terjadi. Tapi pesan yang di sampaikannya terkadang kita tidak bisa mengerti. Oleh karena itu Untuk memahami pesan yang ada mari kita lihat pesan BsOD tersebut.

    Pesan Kesalahan Yang Sering Muncul

  • IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)

  • Ini disebabkan Oleh ketidakcocokan driver yang diistal dalam komputer. Driver dalam kmptr yang banyak jumlahnya tidak semua cocok dan ada kalanya bentrok. Contoh : Bila anda baru mengganti vga card dangan yang baru dan belum meng-uninstall driver vga yang lama.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar